News Ticker

Menu

4 Alasan Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Mahasiswa


Oleh Asri Tadda · 18 Mar 2014 · Comments (2)

Banyak orang yang mengatakan bahwa berwirausaha sejak masih duduk di bangku kuliah itu ialah hal yang bagus. Pujian tidak henti-hentinya dilayangkan kepada mereka yang menjadi CEO danfounder sebuah usaha ketika masih berstatus mahasiswa ditengah banyaknya tugas dan kewajiban yang harus mereka jalani yaitu belajar.
Seorang mahasiswa belum memiliki tanggungan seperti orangtua, kecuali mahasiswa yang telah menikah dan memiliki anak, namun di luar hal itu, kebanyakan uang yang dihasilkan para enterpreneur muda ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan biaya hidup sehari-hari sebagai anak muda.
Sesekali mereka memberikan sebagian hasil mereka kepada orangtua, namun tak jarang para orangtua tentu karena menganggap anak-anak muda itu masih dalam tanggungannya.
Bagi kamu yang masih muda, belum pernah berwirausaha, dan penasaran bagaimana menyenangkannya berwirausaha, cobalah untuk merintis usaha dengan memulainya dari hal yang kecil.
Berikut beberapa alasan mengapa Anda dianjurkan untuk berwirausaha sejak masih berstatus mahasiswa :
1. Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan Akan Meningkat
Selama kondisi perekonomian masih tidak stabil, jutaan sarjana Indonesia akan sulit untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka.
Karena itu, jika Anda mengaku telah membangun sebuah bisnis selama menjadi mahasiswa, maka hal itu bisa menjadi nilai plus bagi Anda sekaligus membuat Anda menonjol dibanding sarjana lain. Selain itu, bisnis yang Anda bangun juga telah menunjukkan bagaimana diri Anda sebenarnya, yaitu Anda yang memiliki kemandirian dan kemauan untuk sukses.
Harus diakui bahwasannya ilmu yang didapatkan selama kuliah hanya memiliki sedikit relevansi dengan apa yang dihadapi di dunia kerja. Karena itu, tunjukkanlah bahwa Anda memiliki pemahaman yang seimbang antara bisnis dengan ilmu yang didapat selama kuliah. Saat perekrutan karyawan, CV yang mencantumkan riwayat wirausaha jauh lebih mengagumkan dibanding hanya menjadi anggota klub.
2. Universitas adalah Tempat Terbaik untuk Mengakses Sumber Daya
Universitas yang dihuni oleh ribuan mahasiswa menjadi tempat yang baik untuk menguji ide bisnis Anda, apakah dapat diterima atau tidak. Saat ini berbagai universitas Indonesia tengah giat-giatnya mendorong para mahasiswa untuk menuangkan ide dan kreativitas mereka dalam bentuk laporan ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa, dimana ide yang unik, berkualitas, dan memberi manfaat akan
dibiayai oleh Dikti untuk segera diaplikasikan. Selain itu, universitas adalah tempat yang sangat fantastis untuk membangun relasi dengan banyak orang, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga professor.
Ada banyak tenaga pengajar universitas yang tidak hanya mengAndalkan gaji, diluar universitas mereka mendirikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan, pengalaman, dan wawasan, Anda bisa belajar banyak mengenai kiat berwirausaha dari mereka. Jika tidak ingin menjalankan sendiri, Anda bisa mengajak teman Anda untuk membangun bisnis bersama.
3. Memperoleh Tambahan Uang Saku
Mungkin Anda tidak seketika menjadi miliader setelah menuai keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan, akan tetapi peluang untuk menambah uang saku tentu ada.
Menjalankan bisnis pribadi jauh lebih menyenangkan karena Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari bidang yang Anda sukai, dibanding Anda harus melakukan kerja part time yang belum tentu Anda sukai, seperti pramu saji, cleaning service, penjaga toko, dan sebagainya yang membuat Anda terikat waktu.
4. Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan
Experince is the best teacher. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan slogan ini. Ya, merasakan pahit-manis saat berbisnis, bertemu dengan orang-orang baru yang expert dalam bidang bisnis, dan memperoleh penghasilan atas jerih payah sendiri menjadi pengalaman yang menyenangkan, berharga, indah untuk diingat dan tentunya bermanfaat bagi masa depan Anda.
Sumber : www.astamediagroup.com/blog/

Share This:

Ir. Sushardi SKH, MP.

---

No Comment to " 4 Alasan Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Mahasiswa "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM