News Ticker

Menu

UMKM Kita Butuh Perhatian yang Serius



Keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kita membutuhkan perhatian yang serius dari berbagai pihak (stakeholders) khususnya pemerintah (pusat dan daerah), asosiasi serta perbankan. Salah satunya perhatian dalam hal permodalan, pemberdayaan para pelaku usaha, dan pendampingan agar terus berkembang dan memiliki daya saing yang mantap.
Di Kabupaten Wonosobo, jumlah UMKM mencapai 110.224.000 unit. Dari jumlah tersebut 76 % diantaranya masih membutuhkan perhatian terus menerus dari stakeholders, seperti pelaku usaha tahu tempe, kerajinan, makanan olahan, konveksi, sampai hasil pertanian. Di Kabupaten Magelang, sebanyak 530 koperasi, yang tidak beroperasi atau pasif sebanyak 138 koperasi, sedangkan sisanya atau sekitar 400 koperasi dalam kondisi kurang sehat.
Di Purbalingga ada delapan sentra kerajinan kayu dan bambu yang tersebar di Kecamatan Kalimanah, Bobotsari, Bojongsari, Bukateja, dan Kejobong. Industri itu menyerap tenaga kerja 3.000 orang. Namun, sejak beberapa bulan terakhir omzet penjualan mereka turun 30-40 persen karena terimbas krisis keuangan global. Pasar tujuan industri kerajinan kayu dan bambu Purbalingga adalah Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan Bali. Namun, spesifikasi produknya agak berbeda ketimbang produk yang mereka jual ke luar negeri. PT Kana Ayomi, salah satu industri kerajinan kayu Purbalingga, kini giat meraih pasar lokal. Mereka lebih banyak membuat kerajinan kayu seperti rak televisi, tangkai sapu, dan alat pel. Pemilik PT Kana Ayomi Abdul Haris mengatakan, diversifikasi produk adalah cara terbaik untuk bertahan. Meskipun hasil penjualannya tidak sebesar ekspor, terus berproduksi sanggup menopang kelangsungan perusahaan.
Acuan : Kedaulanan Rakyat Kamis, 11 Mei 2009 dan beberapa sumber

Share This:

Post Tags:

Ir. Sushardi SKH, MP.

---

1 comment to ''UMKM Kita Butuh Perhatian yang Serius"

ADD COMMENT
  1. Potensi UMKM Indonesia sangat besar dibutuhkan pemetaan wilayah industri, kebutuhan bahan baku, produksi, pemasaran n sdm industri untuk meningkatkan daya saing internasional

    ReplyDelete

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM