News Ticker

Menu

PAPAN KOMPOSIT DARI LIMBAH INDUSTRI DENGAN PEREKAT CAMPURAN PLASTIK POLYPROPYLENE

ABSTRAK

Teknologi papan komposit dikembangkan agar semua limbah industri khususnya yang berupa lignoselulosa dapat diolah menjadi barang yang berguna bagi kesejahteraan manusia.  Pembuangan limbah plastik dan serbuk gergaji  dalam jumlah besar sangat mengganggu kualitas lingkungan hidup. Pemanfaatan kembali limbah sebagai bahan papan komposit akan diperoleh keuntungan ganda yaitu mengurangi biaya pemusnahan secara khusus dan akan diperoleh suatu bahan dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi bahan dan kadar perekat terhadap sifat-sifat papan komposit.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan percobaan faktorial dengan uji lanjut Tukey. Faktor yang digunakan dalam penelitian yaitu  komposisi bahan serbuk sengon dengan plastik (90% : 10%, 80% : 20% dan 70% : 30%), dan  kadar perekat (7%, 8%, dan 9% dari berat bahan). Parameter yang diteliti yaitu kadar air, kerapatan, penyerapan air, keteguhan tekan sejajar permukaan, modulus patah  dan  modulus elastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komposisi bahan berpengaruh nyata terhadap kerapatan dan penyerapan air. Faktor kadar perekat berpengaruh nyata terhadap  keteguhan tekan sejajar permukaan. Nilai  rata-rata kadar air  6,602  - 10,119 %, kerapatan 0,433  – 0,551 g/cm3, penyerapan air 62,926 – 128,878 %, keteguhan tekan sejajar permukaan 17,878– 27,881 kg/cm2, modulus patah 14,49 – 17,72 kg/cm2 dan modulus elastisitas 4168,96 – 13836,52 kg/cm2. Papan komposit yang dihasilkan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.
https://drive.google.com/file/d/1-B-D2tkXhl_HrRXevR2NrJ2e2HvQFHUt/view?usp=sharing


Kata kunci : Papan komposit, limbah industri, limbah plastik, lingkungan hidup

Share This:

Ir. Sushardi SKH, MP.

---

No Comment to " PAPAN KOMPOSIT DARI LIMBAH INDUSTRI DENGAN PEREKAT CAMPURAN PLASTIK POLYPROPYLENE "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM